Sabtu, 11 April 2020

Mesin Stensil Manual (Manual Stencil Duplicator)

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh/

Alhamdulillah, semoga kita selalu dalam keadaan sehat terhindar dari segala penyakit. Aamiin.



Tahukah kalian gambar apakah diatas ini?


Gambar diatas merupakan Mesin Stensil Manual (Manual Stencil Duplicator)

Mesin stensil manual (Manual Stencil Duplicator) merupakan mesin dapat digunakan untuk menggandakan warkat/surat dengan jenis kertas seperti HVS, duplicator, roneo dan sebagainya.

Ciri-ciri mesin stensil manual:

  • Tenaga pengerakknya menggunakan tenaga manusia
  • Komponen dan cara kerja mesin bersifat mekanis
  • Tinta yang digunakan adalah tinta stensil warna hitam
  • sheet yang digunakan bisa sheet stensil, sheet scanner, atau stensil cutter sebagai sheet master
  • ukuran kertas maksimum adalah kertas folio (8,5 x 13 inci atau 21,5 x 33 cm)


Komponen mesin stensil manual:

1. Silinder tinta (ink cylinder)
Penjepit sheet stensil (stencil fitting bar)
Kain penyaring tinta (ink screen)
Plat baja (steel band)

2. Kerangka mesin
Pintu tinta (inker door)
Pompa tinta (ink pump)
Alat penghitung (counter)
Pengatur tinta (ink control)
Engkol (handle)
Pengatur posisi cetakan (copy positioning)
Pengungkit pencetak (print lever)
Pengatur pemasukan kertas (feed contril)

3. Penutup mesin
papan kertas (feed bord)
penahan kertas (back guide)
papan penerima (receiving board)
penuntun kertas (paper guide)

Keuntungan menggunakan mesin stensil manual:
Hemat penggunaan listrik
Tangan bisa sekaligus berolahraga
Tidak perlu khawatir listrik padam

Sejarah Singkat
Gestetner merupakan orang Hungaria bernama asli David Gestetner yang menorehkan tinta sejarah di daratan Inggris dengan penemuan spektakulernya yaitu stencil duplicating machine atau mesin duplikator stensil. Pada tahun 1881, Gestetner menemukan apa yang dinamakan wax coated paper yang digunakan dalam pembuatan mainan anak-anak. Bahan tersebut juga digunakan sebagai bahan pembuat tinta stensil. Sejak itu lahir apa yang dinamakan mesin stensil kantor ciptaan Gestetner. Mesin stensil pertama dipublikasikan oleh Gestetner pada tahun 1890 dan diklaim dapat mencetak 1200 lembar copy dokumen dalam waktu satu jam. Sejak itu mesin stencil merk Gestetner mulai dipasarkan di seluruh dunia dengan pabriknya di Tottenham, Nort London England hingga tahun 1970. 
(Sumber: http://arsip.ubaya.ac.id/2013/07/17/gestetner-stencile-duplicator-machine-milik-ubaya/)

Download Tujuan Managemen perawatan mesin

Contoh Penggunaan Mesin Stensil


Demikian penjelasan mengenai mesin stensil manual (manual stencil duplicator), semoga pandemi covid19 ini segera berakhir. Aamiin.

Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

keyword, tag: tips, trik, trick, google, adsense, wabah, virus, corona, covid19, korona, novel, ncov2, disease, video, youtube, zoom, image, story, tipstrik, ekonomi, blogger, blogspot, youtube, Virus corona, Kini Harus Aku Lewati, cara, howto, tutorial, April, 2020, online, Malaikat Juga Tahu, penyebab, Thursday, Good, Friday, images, Just, Fase, Coronavirus, meeting, Modern Family, The Passion, trend, trends, trending, viral, hot, highlight, Your, Name, Avigan, Cases, Stadia, Today, Now, Present, Snapchat, meet, music, musik, lagu, song, karaoke, karoke, cover, streaming, dirumahaja, laptop, tampilan, layar, komputer, windows xp, windows 7, aplikasi, membuat, desktop, screen, simple, smartphone, belajar, Blog, Cerita, download, fakta, free, gratis, indonesia, Info, IPTEK, IT, KOMPUTER, koneksi, Mesin Stensil Manual, Pengetahuan Umum, sejarah, Study, Tips Trik, TUTORIAL, Unik, machine, fotocopy, pengganda, vintage, jadul, klasik, dulu sekarang, Keuntungan menggunakan mesin stensil manual, mesin stensil spiritus, gambar mesin stensil manual, macam macam mesin stensil, gambar mesin stensil spiritus, kelebihan dan kekurangan mesin spirit duplicator, penemu mesin stensil, kelebihan mesin spirit duplicator, fungsi mesin stensil, contoh, example, mesin stensil duplicator, bagian-bagian mesin stensil manual dan fungsinya, fungsi penjepit sheet stensil, gambar mesin stensil manual, pengertian mesin duplikator, gambar mesin stensil spiritus, jenis jenis mesin stensil, bagaimana cara pengoperasian mesin penghancur kertas, ciri ciri mesin stensil listrik, jelaskan cara kerja mesin stensil manual dan mesin stensil listrik, fungsi mesin duplikator, terbuat dari apakah lembaran penguat yang ada pada lembaran stensil di dalam mesin stensil, sebutkan dan jelaskan tiga komponen yang terdapat di dalam mesin stensil manual, sebelum mengoperasikan mesin risograph ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar